20130128

Soal Psikotes Gambar

Soal psikotes biasanya disajikan dalam beberapa modul atau jenis soal yang masing-masing modul mempunyai karakter atau tipe tes sendiri disesuaikan dengan tujuan tes.

Salah satu dari sekian modul soal yang sering diujikan adalah soal psikotes gambar. Ada beberapa tipe soal psikotes gambar diantaranya Irama Gambar dan Tes Persepsi Gambar. Soal psikotes gambar bertujuan menguji kemampuan kandidat dalam hal visual dan imaginasi berkaitan dengan bangun dan ruang serta, mencari urutan dan keteraturan.

Dalam mengerjakan soal psikotes gambar anda dituntut untuk mencari pola-pola berulang. Usahakan anda membagi bentuk gambar menjadi beberapa komponen baik bentuk, ukuran, jumlah, warna atau intensitas, misalnya bentuk dan warna komponen sentral, bentuk dan warna komponen luar, dan lain-lain.

Kadangkala soal psikotes gambar menuntut kemampuan anda dalam memprediksi pergerakan atau perubahan suatu bentuk bangun atau ruang. Pergerakan bisa berupa pergeseran atau putaran (rotasi). Apabila memungkinkan gunakan alat peraga yang ada untuk membantu anda dalam memvisualisasikan proses perubahan. Anda dapat menggunakan penghapus, kertas soal, alat tulis lainnya yang diijinkan, atau anda dapat menggambar pada kertas kosong proses transisi perubahan tersebut.

Rekomendasi
- Contoh soal psikotes gambar dapat ditemukan di KOLEKSI CONTOH SOAL PSIKOTES sebagai bagian dari kumpulan soal gratis psikotes.
- Anda juga dapat menemukan soal psikotes ini di Panduan Menguasai Soal Psikotes

1 komentar:

  1. Kalau saja orang-orang yang berpengalaman mau meluangkan waktu untuk berbagi seperti ini, saya yakin tidak ada waktu yang terbuang percuma, Tks...

    BalasHapus